Thursday, April 06, 2006

Libur Lagi

Entah harus seneng atau sedih. Minggu depan ada hari libur lagi. Nggak tanggung-tanggung. 2 hari, Senin (10/4, hari Maulid Nabi Muhammad SAW) dan Jum'at (14/4, wafatnya Yesus Kristus). Jadi minggu depan masuk kerja cuma 3 hari.
Dua hari libur itu memang untuk menghormati hari besar agama. Satu sisi saya bisa memaklumi atas niat pemerintah untuk menghormati hari besar agama dengan pemberian hari libur, tapi di sisi lain saya bertanya sejauh mana hari libur itu mempengaruhi umat beragama jadi lebih khusuk merayakan ajaran/hikmah dari peristiwa keagamaan tersebut. Saya kira nggak ada pengaruhnya. Sebab orang melaksanakan ajaran agama dengan sungguh-gungguh itu tidak perlu karena mengharapkan pamrih diberikannya kemudahan seperti hari libur itu. Mau libur atau nggak, ajaran agama tetap harus dilaksanakan ya tho?
Mungkin Indonesia adalah negara dengan hari libur terbanyak. Saya cuma memperkirakan saja. Karena melihat hari libur untuk perayaan agama saja udah banyak. Belum lagi ditambah hari libur nasional dan cuti (terpaksa)bersama. Kalo udah gini, siapa yang senang dan siapa yang susah?

4 comments:

Anonymous said...

yah, yang libur sih seneng. lha aku, tetap masuk je! jadi senep, liat orang lain bisa santai2 libur...
pemerintah terlalu memanjakan pegawainya. damn!

Anonymous said...

iya neh ... aku tetep masuk di senin sepi ini ... hiks ...
kalo libur hari agama sih gapapalah ...
tapi cuti bersamanya itu lho ... malah bikin males libur lama2. mending juga ngambil cuti sendiri2 ... bisa langsung lama ... bisa milih 'hari baik' ...

met berlibur deh, mas ...

Anonymous said...

untung indonesia cuma ngenal 5 agama ... coba kalau ada 300 (termasuk sempalan dan aliran kepercayaan) ... gak ada hari kerja dah!

benewaluyo said...

gw punya agenda yg kebetulan ada daftar hari libur nasional beberapa negara di thn 2006. ternyata ada negara yg memiliki hari libur lebih dari 15 hari spt yg dimiliki Indonesia, yaitu Filipina 17 hari, dan Jerman 18 hari... :)