Thursday, April 06, 2006

Karl May dan Pelajaran Geografi

Saya baru saja menyelesaikan satu novel karya Karl May (1842 - 1912), Winnetou I. Sebuah novel tentang petualangan seorang kulit putih (Jerman)yang mendapat julukan Old Shatterhand di tanah Wild West dan bertemu dengan seorang bijak Winnetou, kepala suku Indian Apache. Menarik sekaligus imajinatif sekali saat membaca novel karya Karl May tersebut.
Bagi generasi ABG (angkatan Babe Gue) Winnetou ini bukan tokoh asing lagi. Karena kehadirannya di Indonesia mulai tahun 50-an dan populer di tahun-tahun 60 - 80an, tentu saja lewat novel. Sedangkan saya baru kenal Winnetou dan Old Shatterhand di tahun 2006. Uff! betapa terlambatnya saya kenal Opa Karl May ini. Tapi nggak apa-apa, karena novel ini tetap memesona dan bisa diterima sampai generasi kapanpun juga. Karena novel ini menceritakan tentang kemanusiaan, harkat hidup manusia, cinta kasih, perdamaian dan nilai-nilai universal lainnya.
Sebagai seorang yang pernah belajar geografi ( saya pernah belajar geografi di Fak. Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta , ehm), saya sangat terkesima dengan uraian Karl May tentang deskripsi wilayah lokasi, cuaca dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat tempat petualangan Old Shatterhand dan Winnetou ini.
Karl May dengan bahasa yang mengalir dan imajinatif menceritakan dengan jelas, kondisi fisik tempat itu . Sehingga saya merasa mudah sekali memahami soal bagaimana karakteristik daerah praire, sabana, ngarai, lembah, bukit, gunung, sungai, anak sungai, dan tebing. Kalau dalam bahasa geografi itu semua disebut dalam topografi.
Saya mengkhayal sendainya text book kuliah geografi dibuat seperti novel petualangan Karl May ini, perkuliahan pasti akan terasa menyenangkan sekali. Tak ada rasa kantuk dan bosan seperti yang saya alami dulu. Tapi kalau itu terjadi, alumnus geografi nanti jadi sastrawan semua kali ya?

O ya, para penggemar karya Karl May ini juga punya situs. Silahkan klik
http://indokarlmay.com

Saya telah berbicara, Howgh!

2 comments:

Anonymous said...

waks, karl may .... menyenangkan
aku kenal kakek karl may ini sejak sd, bos! waktu itu ada komik winnetou, terdiri dari empat seri, yang digambar oleh juan aranz. terus pernah baca novelnya di perpustakaan umum.

dari winnetou-lah, saya sampai sekarang ngefans berat dengan karakter indian.

dulu, tak pikir old shatterhand dan winnetou ini tokoh nyata yang benar-benar ada. soalnya terasa realistis sekali. ternyata itu hanya rekaannya si karl may, yang ternyata pula baru sekali pergi ke amerika. itupun bertahun berselang setelah novel winnetou dan karl may diterbitkan. well, salut buat imajinasi karl may.

btw, ente lulusan UMS juga to? sama. aku dari FE Akuntansi, angk 1996

Anonymous said...

hiks ... aku ga begitu suka baca novel (kecuali harry potter ... :P) jd ga tau deh, apa yg lagi diomongin.
tapi lumayan, bisa ta' jadiin referensi kalo ke perpus/toko buku ... biar ga pusing ngeliat banyak buku ...
how's syifa???