Friday, April 21, 2006

21 April

Tanggal 21 April adalah tanggal lahir RA Kartini, sosok perempuan cerdas dan maju yang pikiran-pikirannya mendobrak tradisi pada waktu itu dan menginspirasi tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan RI. Bahkan saya yakin pikiran-pikirannya akan terus bersinar seiring dengan perjuangan yang dilakukan kaum perempuan khususnya Indonesia dalam mendapatkan "sedikit" haknya, sebagai perempuan dan sebagai manusia.
Jujur saya tak punya bahasa puja-puji tentang sosok RA Kartini. Karena tanpa bahasa puja puji saya, dan juga orang lain, RA Kartini tetaplah seorang besar. Seorang yang pikiran-pikirannya terlihat kemilau menerangi jaman.
Karena itulah saya lebih memilih untuk melihat realitas kaum perempuan Indonesia dewasa ini. Dimana kaum perempuan Indonesia sekarang kondisinya masih jauh dengan apa yang diperjuangkan oleh RA Kartini. Kaum perempuan masih dianggap sebagai subordinasi kekuasaan laki-laki. Maka tak heran, RUU APP lebih banyak menyorot tata cara berdandan perempuan. Seolah-olah cara berdandan perempuan faktor besar yang menentukan tingkat kesucian sebuah bangsa. Seperti juga yang pernah dinyatakan oleh iklan bikinan Adwork! Euro RSCG Ball Partner tahun 1996(kebetulan modelnya adalah mantan pacar teman kantor saya). Di iklan tersebut divisualkan sepasang paha perempuan dengan memakai rok mini dengan headline "Bagaimana angka kejahatan seksual bisa rendah kalau rok Anda semakin tinggi?".
Selain persoalan subordinasi kaum laki-laki, perempuan Indonesia juga masih harus banyak menghadapi masalah yang bersifat empirik sehari-hari. Kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual, perburuhan, tkw, perdagangan kaum perempuan, adalah beberapa kasus yang mengemuka. Saya melihat betapa pelik dan beratnya persoalan yang dihadapi kaum perempuan Indonesia. Namun menurut saya adalah hal pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana merubah cara pandang dan pikir laki-laki Indonesia terhadap sosok perempuan. Ini artinya apa? artinya siapkah kalian, wahai laki-laki Indonesia, untuk melakukan perubahan itu?


p.s : selamat ulang tahun istriku. maaf tak ada kado ataupun pesta. cuma doa dan harapan yang bisa kuberikan. kebetulan tanggal lahirmu sama dengan tanggal lahir RA Kartini, semoga kau pun memiliki semangatnya. sejahteralah, bahagialah dan berdayalah kamu sebagai seorang perempuan, ibu dan istri.

2 comments:

Anonymous said...

met ulang tahun buat mamanya syifa ... namanya mbak kartini ya ? hehehhee

Anonymous said...

iradio itu sarapan pagi menuju kantor. ya si putri dan rafiq itu, bos. sampeyan rompag (rombongan pagi) dari mana? salam kenal, bos.