Wednesday, April 19, 2006

Keseimbangan

Betapa pentingnya keseimbangan dalam kehidupan. Keseimbangan memungkinkan terwujudnya tata kehidupan yang nyaman dan tenteram. Alam yang luar biasa luas ini pun diciptakan Tuhan dengan azaz keseimbangan. Itulah mengapa alam raya ini masih eksis sampai sekarang ini.
Kalau bicara soal keseimbangan tentu tak lepas dari dua unsur yang bertentangan. Positif-negatif, hitam-putih, baik-jahat, cakep-jelek, dan masih banyak lagi. Dua unsur yang saling bertentangan itu pada suatu waktu akan menjadi energi yang begitu besar dan bermanfaat dalam kehidupan. Namun pada sisi yang lain bisa berlaku sebaliknya. Karena itu manusia dengan modal mulianya yang bernama akal, diberi kebebasan sebesar-besarnya untuk mengeksplorasi dua unsur yang bertentangan itu.
Ajaran-ajaran agama kuno, seperti Tao, mengenalkan konsep keseimbangan bahkan sangat menekankan pentingnya keseimbangan dua unsur yang bertentangan yaitu ying dan yang. Ketidakseimbangan bisa dipastikan akan menimbulkan chaos. Timbulnya chaos akan menyebabkan energi-energi negatif akan menguasai kehidupan yang selanjutnya mendorong ke arah kerusakan.
Dalam lingkup yang lebih kecil, kita pun butuh keseimbangan. Setelah kerja keras seharian di kantor, ditambah caci maki dari bos maka kita butuh sarana lain untuk menciptakan keseimbangan. Kalau yang sudah berkeluarga, seperti saya, bertemu anak istri di rumah bisa membuat pikiran dan tubuh segar kembali. Buat yang lajang, pergi ke lounge atau sekalian dugem sampe pagi, mungkin bisa membuat otot-otot jadi liat lagi. Namun gimana caranya menciptakan keseimbangan di saat suasana chaos terjadi? Kalo saya sih, cukup dengan humor. Saya betul-betul percaya, humor adalah senjata psikologis ampuh buat melawan keruwetan pikiran dan kesuntukan batin. Humor membuat saya bisa bertahan dalam kehidupan yang indah sekaligus keras ini. Dengan humor saya bisa mentertawakan chaos yang terjadi dengan cara yang dewasa, bermartabat dan beradab. Dengan humor saya membuktikan bahwa saya seorang manusia, bukan mesin, robot, ataupun benda mati lainnya.

No comments: