Monday, June 26, 2006

Jadi Entrepreneur

Sudah hampir dua minggu ini saya jadi entrepreneur alias pengusaha. Tepatnya Rabu 14 Juni 2006, saya buka warung makan lesehan nasi liwet. Saya beri nama : Lesehan Asli Solo Nasi Liwet "Raos Eco". Tempatnya di depan kantor PJR Cikampek,buka mulai jam 5 sore. Karena membawa kata nasi liwet, maka menu utama adalah nasi liwet. Ditambah menu-menu asli Solo lainnya, kayak soto kuali, garang asem & ayam bakar Solo serta akan menuyusul Timlo Solo dalam 2-3 bulan ke depan. Untuk mewujudkan menu itu, saat ini lagi survey kecil-kecilan dengan tujuan rasa Timlo seperti apa yang cocok dengan lidah orang Cikampek & sekitarnya. Untuk minuman, ada satu yang spasial : teh jahe anget. Rasanya seger, kental & harum jahe. Minuman lain masih standar : es teh, es jeruk, teh panas, aqua & teh botol. Untuk menikmati saat-saat lesehan ada karak Solo, emping, sate telur puyuh, peyek kacang, peyek teri, risoles, bakwan udang, & krupuk udang. Soal harga? dijamin terjangkau buat kantong. Nasi liwet & garang asem cuma 5 ribu, soto kuali 6 ribu & ayam bakar 7 ribu. Teh Jahe, 1,5 ratus, es teh 2 rb, es jeruk 2,5 ratus,teh manis 1 ribu. Untuk camilan rata-rata seribuan. Di kantong Pas , di perut puas .
Pemilihan nama Raos Eco memang Jawa banget. Tapi saya yakin orang Sunda juga tau apa itu Raos & semoga pula kata raos gampang dipahamai oleh orang di luar Jawa & Sunda. Raos=rasa, Eco=enak, jadi Raos Eco artinya adalah Rasa Enak. Kenapa harus mengandung rasa enak? Karena buat saya yang awam ini, namanya warung makan yang dicari orang adalah makanannya yang enak. Baru kemudian enak suasananya, enak harganya, enak porsinya, enak parkirannya, enak servisnya dan enak-enak yang lain. Makanya saya ingin warung lesehan Raos Eco memenuhi semua kategori enak menurut pelanggan.
Sebagai usaha skala mikro, mulanya modal yang dikeluarkan ya lumayan berat buat kantong saya pribadi. Makanya saya ajak kakak ipar buat kongsian. Termasuk kongsian juga buat ngurusin. Mulai dari belanja bahan, kontrol kualitas menu, jaga warung sampai kontrol keuangan. Karena siang hari saya kerja di kantor maka urusan belanja & kontrol kualitas menu, saya diwakili istri. Baru hari sabtu & minggu saya bisa terlibat semuanya.
Untuk targetnya pun nggak muluk-muluk. Yang penting dalam 2-3 bulan ke depan warung lesehan saya dikenal banyak orang & sudah ada pelanggan setia yang paling tidak menghabiskan 2-3 malam untuk lesehan di warung saya. Karena memang buat beberapa pembeli yang datang, menu warung saya masih asing. Makanya saya, istri & kakak ipar nyambi juga jadi PR warung lesehan Raos Eco. Menjelaskan apa itu nasi liwet, garang asem, & soto kuali. Komposisinya bagaimana, rasanya gimana, bumbunya apa, dsb.
Untuk lebih menghadirkan suasana rame, saya pasang tape merek Toshiba buat nyetel musik langgam Jawa, campursari,keroncong atau pun pop Jawa. Namun saya juga sediakan ramuan musik yang lain. Ada musik 80-an model Rinto Harahap, Obbie Messakh, dll. Ada juga calung Sunda dan dangdut re-mix. Pokoknya aneka suara deh. Yang penting selalu ada musik di warung lesehan "Raos Eco".
Untuk promosinya, saya bikin spanduk 1 x 2,5 m satu buah, banner 1,15 x 2 m satu buah dan selebaran ukuran 1/2 A4 1 rim (1000 lbr). Untuk spanduk sama banner susah kebaca, karena warna kain terlalu tua (oranye tua) & tulisan kurang menonjol (biru). Rencana mau bikin satu lagi dengan kain yang cerah,tulisan gedhe & berwarna nyolok, biar eye cathcing gitu loch. Dan buat menjaring lebih banyak pelanggan, setiap minggu pagi akan gelar tikar di Bukit Indah Centre. Sebuah kawasan industri di Cikampek yang tiap minggu pagi jadi tempat orang buat olahraga & itu berarti pasar...he..he..Siapa tau, mereka belum sempet sarapan pas mau jogging atau senam, atau bisa juga sudah sarapan tapi lapar lagi setelah senam atau jogging & kita menyediakan menunya. Maka lahirlah hukum alam : when need meet supply.
Sampai semalam, pemasukan masih tercatat di level aman Rp 200.000,- an. Artinya dengan pemasukan rata-rata sejumlah itu, di akhir bulan nanti saya masih bisa bayar gaji 3 orang karyawan, bayar tempat tinggal mereka, nabung buat operasional warung untuk 1 tahun ke depan & pendapatan buat para pemegang saham. Memang pendapatannya belum seberapa. Makanya saya juga genjot dengan layanan catering. Untuk saat ini divisi catering baru dapat klien 1 kantor untuk makan siang 20 orang. Rencana ke depan sih, catering akan dibawah pengelolaan sendiri biar gak campur aduk. Tapi namanya tetap Raos Eco.
Rasanya sampai detik ini, hati sudah lega. Bisa bikin usaha sendiri. Itu artinya mulai belajar mandiri, berpikir keras gimana caranya muter duit (sebab kata orang duit kuwi lunyu = uang itu licin, jadi harus diputer biar nggak lepas) dan yang penting bisa memberikan manfaat kepada orang lain (bisa menghadirkan kepuasan kepada pelanggan & membuka lapangan kerja untuk orang lain).
Ada satu pr buat team PR ,ternyata warung lesehan Raos Eco punya competitor. Saya pribadi bersyukur berarti pasar nasi liwet bakal tumbuh di Cikampek.Kalau pasar tumbuh berarti lahir banyak peluang & kesempatan. Maka kehadiran competitor buat saya bukanlah sesuatu yang mengancam, tetapi justru membangun. Lagian, Tuhan Maha Adil kan?

4 comments:

Anonymous said...

waduh .. ntar kalau aku pas balik jakarta (aku suka naik mobil kalo ke jakarta) khan lewat cikampek tuh ... mampir ah ... Selamat jadi pengusaha ya !

Anonymous said...

wah, jadi penasaran sama rasa masakan khas solo di warung raos eco......

selamat, sudah jadi entrepreneur, meski masih kecil.
aku juga pingin punya usaha sendiri, ga selalu jadi kuli orang lain. tapi sampe sekarang blm tahu, mo buka usaha apa? lagian, tabungan juga masih cekak buat buka usaha :p

Anonymous said...

wah mas .... aku ini khan dah sering ke sini .. masa lupa sih? pasti tiap ada postingan baru .. saya mampir ke sini ... heheheh

Anonymous said...

Wah... selamat-selamat.

bisnis yangg nggak pernah sepi ya bisnis makanan, tapi hati-hati jaga kualitas & konsumen Mas.

salut deh..