Thursday, May 26, 2005

truk yang malang

Dalam setahun ini setiap pagi saya harus melewati tol Cikampek buat pergi dan pulang kerja ke dan dari Jakarta. Tol yang memiliki panjang sekitar 60 km ini bisa ditempuh kurang lebih 1 jam dalam kondisi lalu lintas normal. Namun kadang perjalanan bisa molor sampai 1/2 atau 1 jam. Hal utama yang menjadi penyebab adalah : adanya kecelakaan. Kalau sudah begitu maka akan terjadi macet dan antrean kendaraan makin panjang.

Dalam beberapa kecelakaan terakhir yang saya amati, rupanya jenis kendaraan yang banyak mengalami kecelakaan adalah truk. Kecelakaan itu bisa berupa kendaraan tergelincir sehingga keluar jalur, kendaraan terguling, kendaraan menabrak pembatas tol, sampai kendaraan yang terbalik. Sungguh mengerikan.

Dugaan saya ada beberapa faktor yang jadi penyebab kecelakaan itu :
1. Kondisi truk yang sudah tua
2. Sopir mengantuk
3. Muatan yang melebihi kapasitas truk
Mungkin ada beberapa faktor lagi. Dan itu nggak cuma buth dugaan tapi penelitian yang lebih intens lagi.

Kalau saya melihat ada truk yang mengalami kecelakaan di tol yang saya lewati, seketika ingatan saya melayang ke keluarga para sopir dan keneknya. Gimana keadaan mereka ya?

No comments: