Monday, March 27, 2006

Radiowalking

Kalo di dunia blog ada istilah blogwaking maka di dunia per-radio-an saya iseng-iseng bikin istilah yang sama yaitu radiowalking. Maknanya kurang lebih : pindah-pindah gelombang radio untuk mendengar siaran yang cocok. Kalo cocok ya tetep stecun, kalo nggak ya radiowalking lagee.
Karena nggak naik mobil pribadi maka sarana yang saya pakai radiowalking ini adalah hp nokia 6610 keluaran 2003 tapi baru bisa terbeli tahun 2005 kemaren. Lumayan, bisa menampung sampai 20 channel radio fm. Jadi sepanjang perjalanan Cikampek-Jakarta pp saya bisa terus-terusan denger radio. Kadang-kadang bener-bener dengerin namun kadang-kadang dengernya sambil tidur ( jadi nggak denger ya? ). Apalagi kalo lagunya enak, kena ac dan bis nggak penuh penuh.
Sekilas emang asik, naik bis, apalagi yang ac, sambil denger radio. Tapi sebenernya ada nggak enaknya juga. Terutama kalo mau masang kabel ke hp. Repot. Apalagi kalo bis sedang penuh. Mana kabelnya panjang lagi, tangan bisa senggol sana-sini kalo nggak ati-ati. Nggak enaknya lagi,batere jadi cepet habis. Itu artinya, harus sering ngecas . Gara-gara hobi satu ini, saya harus ngecas hp 2 hari sekali. Trus nggak enaknya yang lain, telinga jadi sakit kalo tiba-tiba denger suara rusak ( kemresek ) karena gelombang radio yang tiba-tiba hilang. Maklum dengerinnya di atas bis yang melaju kencang. Hal-hal yang nggak enak itu pasti nggak akan dialami mereka-mereka yang radiowalking dengan sarana radio mobil.
Saat ini 20 gelombang yang tercatat di hp adalah : 90,2 Radio Bukit Indah Cikampek, 99,3 Lazuar Cikampek, 100,0 Prima Karawang, 93,5 Aksi Karawang, 90,0 El Shinta, 105,8 Ramako, 89,6 I Radio, 97,5 Motion, 96,7 Arh, 87,6 Hardrock, 95,1 Kiss,99,9 Jazz,91,6 Indika, 95,9 Smart, 88,0 Mustang, 102,2 Prambors, 94,7 U, 101,0 One, 101,8 Bahana, dan 90,4 Cosmo. Namun pada saat stecun saya juga masih bisa radiowalking ke gelombang yang lain. Jadi nggak ada istilah pendengar setia gitu.
Seperti sebuah produk, masing-masing radio punya keistimewaan sendiri-sendiri. Buat saya terutama acara dan penyiarnya ( sekarang sebutan untuk penyiar apa sih? announcer atau dj? ).
Kalo untuk acara, saat ini yang masih melekat di hati saya adalah Smart Wisdom and Motivation bersama Andrie Wongso dipandu oleh Andi Odang dan Nadia di radio Smart FM tiap senin jam 7-8 pagi. Acara ini buat saya, luar biasa. Benar-benar membangun mental orang untuk selalu berpikir positif, berfokus pada keberhasilan dan mencintai sebuah proses. Apalagi acara ini pas banget disiarkan di hari senin. Hari yang identik dengan kemalasan & kebosanan sehingga ada istilah I don't Like Monday. Apalagi untuk kehidupan di Jakarta, senin itu sama dengan kemacetan yang luarrr biasa. Nah, di saat saya lagi bete karena macet itulah, acara ini hadir dengan motivasi-motivasi yang bisa membangkitkan semangat.
Sedangkan untuk penyiar, saat ini saya masih kepincut sama Rafiq dan Poetri Soehendro dari I Radio dan Duo I ( Irwan Sastro dan Irwan Gunawan ) dari Indika. Rafiq dan Poetri Soehendro siaran tiap pagi jam 6 mpe 9 pagi, sedangkan Duo I cuap-cuap jam 16.00 - 20.00. Dua pasangan penyiar itu menurut saya udah menyatu banget. Kayak mimi lan mintuno. Kocak, konyol, dan cerdas. Mendengar celotehan-celotehan mereka saya suka cengar-cengir sendiri dalam bis dan nggak risi kalo ada orang lain yang liat.
Pokoknya dengan radiowalking, acara pergi dan pulang kerja jadi semangat.

p.s : mohon maaf kalau ada penyebutan nama yang salah.

2 comments:

Anonymous said...

putri itu kalo gak salah seorang pendongeng yang baik, dan sering ditanggap.

kalo saya, setelah m97fm mati, gak punya radio favorit. kis, yah lumayanlah. radio sk? haha! buat selingan.

Anonymous said...

wah, sepertinya dah semakin canggih neh blog punya papanya syifa. jangan lupa ajarin reena, ya ... (masih sering gaptek ... *sigh*)

tips biar kabelnya ga menjuntai ke mana2 mungkin bisa diselipin di dalem baju, kali ya ... jadi bisa tetep ada temen sepanjang perjalanan. tapi, berarti kudu dipasang sebelom naik bis ya ... hmmm, tar mengundang niat jahat pencopet ga ya ... hmmm, jadi bingung juga neh ... ^_^